JAKARTA, HOLOPIS.COM – Anak dan cucu pertama Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles dan Pangeran William menggantikan Ratu Elizabeth di acara grand set-piece untuk pertama kalinya sejak 6 dekade.

Ratu Elizabeth II tidak bisa menghadiri pembukaan parlemen untuk memberikan pidato agenda legislatif pemerintah.

“Pemerintahan Yang Mulia Ratu,” kata Pangeran Charles di awal agenda-agenda pemerintah yang ia bacakan, melansir Skynews, Selasa (10/5).

Ratu Elizabeth II tidak bisa menghadiri acara penting itu karena permasalahan mobilitas.  Ratu Elizabeth II pun memberikan surat kuasa ‘Letters of Patent’ kepada Pangeran Charles dan Pangeran William untuk menggantikannya.

The State Opening of Parliament  atau Pembukaan Parlemen Negara adalah acara penting di Inggris yang secara tradisionalnya, Ratu Elizabeth II bepergian ke majelis dengan Kereta Negara, dan dikawal oleh tentara berkuda dalam seragam upacara.

Ratu Elizabeth II telah hanya melewatkan kesempatan itu selama 2 kali selama 70 tahun pada 1959, dan 1963. Saat itu, Ratu Elizabeth II tengah mengangung Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Untuk informasi tambahan, Ratu Elizabeth belakangan ini telah melewatkan beberapa pertemuan publik sejak ia dirawat di rumah sakit selama satu malam pada bulan Oktober lalu.

Hingga saat ini detail penyakit yang diderita oleh Ratu Elizabeth tidak diumumkan.