JAKARTA, HOLOPIS.COMMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan kesempatan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menerapkan sistem bekerja dari rumah (WFH) selama satu pekan.

Aturan WFH ini diberlakukan usai cuti bersama yang diberikan pemerintah, banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran.

“Adapun kapasitas WFH yang diberlakukan bagi ASN di lingkungan Kemendagri dan BNPP, yakni sebanyak 50 persen. Sementara 50 persen lainnya bekerja dari kantor atau Work From Office (WFO),” kata Tito (8/5).

Tito mengatakan, izin WFH tersebut akan diberlakukan untuk ASN yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). WFH ini telah diterapkan sejak Senin (9/5) hingga Jumat (13/5).

“Dengan demikian, para ASN akan kembali bekerja secara normal mulai Senin (16/5),” imbuhnya.

Tito kemudian menyatakan bahwa dirinya telah memerintahkan seluruh pimpinan Unit Kerja Eselon I di lingkungan Kemendagri dan BNPP untuk mengatur penerapan kebijakan WFH tersebut secara internal masing-masing.

“Kita mendukung saran Kapolri untuk mengurangi beban lalu lintas arus balik menuju Jabodetabek, maka Kemendagri dan BNPP boleh WFH 50 persen,” tukasnya.