Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Menteri Jerman: Pandemi Covid-19 dan Perang Rusia-Ukraina Membuat Dunia Berisiko Alami Kelaparan Terburuk

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pandemi Covid-19 ditambah operasi militer Rusia di Ukraina diyakini bakal mendatangkan dampak buruk bagi dunia internasional.

Kepada surat kabar Bild, Menteri Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman Svenja Schulze menjelaskan, dua peristiwa itu akan membuat dunia menghadapi krisis pangan akut karena melonjaknya harga pangan.

“Situasinya sangat dramatis,” kata Schulze, memperingatkan tentang kelaparan yang mengancam yang tidak terlihat sejak Perang Dunia II.

“Menurut Program Pangan Dunia PBB, lebih dari 300 juta orang sudah menderita kelaparan akut dan PBB harus terus-menerus merevisi data ini ke atas,” sambung Schulze.

Schulze juga mengingatkan bahwa saat ini harga pangan di seluruh dunia telah tumbuh sepertiga dan telah mencapai tingkat tertinggi.

“Pesan pahitnya adalah bahwa kita menghadapi kelaparan terburuk sejak Perang Dunia II, yang dapat menyebabkan jutaan (orang) mati,” ujarnya.

Dalam pernyataannya pada 6 Mei , Program Pangan Dunia telah memperingatkan bahwa 44 juta orang di seluruh dunia berbaris menuju kelaparan karena gandum Ukraina tidak dapat menjangkau mereka, dan menyerukan agar pelabuhan Laut Hitam dibuka sehingga gandum ini dapat dikirim ke yang membutuhkan.

Schulze dengan cepat menyalahkan Moskow atas perkembangan tersebut dengan menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan perang melalui kelaparan.

Dia mengklaim bahwa Rusia telah “mencuri biji-bijian dari Ukraina” dan sekarang mengambil keuntungan dari negara-negara yang bergantung pada produk pertanian Rusia dan Ukraina dengan menawarkan makanan hanya kepada mereka, yang benar-benar pro-Rusia.

Konflik yang sedang berlangsung di Ukraina telah memicu kekhawatiran akan kekurangan gandum global, karena harga gandum melonjak ke level tertinggi beberapa tahun di bulan Maret. Baik Rusia dan Ukraina adalah pemasok gandum utama, menyumbang sekitar 30 persen dari ekspor global.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru