Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Jokowi Perintahkan Lockdown Wilayah Antisipasi Penyakit Kuku dan Mulut

JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pertanian segera mengambil langkah cepat dalam mengatasi peredaran penyakit kuku dan mulut.

Diungkapkan Jokowi, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan para anak buahnya untuk disiapkan berbagai langkah yang diperlukan agar penyakit ini tidak menyebar.

” Hati-hati, kemarin kita sudah berbicara dengan menteri-menteri, mengenai penyakit kuku dan mulut,” kata Jokowi, Senin (9/5).

Salah satu langkah cepat tersebut yang dianggap efektif menurut Jokowi, adalah dengan melakukan lockdown wilayah yang sudah terpapar penyakit tersebut.

“Saya minta ini Menteri Pertanian, segera dilakukan lockdown zonasi, lockdown di wilayah, sehingga mutasi ternak dari satu tempat ke tempat yang lain atau pergerakan ternak dari kabupaten ke kabupaten, apalagi provinsi ke provinsi betul-betul bisa dicegah,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan agar perpindahan hewan yang membawa penyakit kuku dan mulut tersebut bisa dipantau perpindahannya demi memudahkan tracing.

“Dan ini selain tadi Kementerian Pertanian, saya juga minta Kapolri betul-betul menjaga ini di lapangan mengenai pergerakan ternak dari daerah-daerah yang sudah dinyatakan ada penyakit mulut dan kuku,” paparnya.

Terakhir, Jokowi juga memerintahkan agar segera dibentuk Satgas untuk bisa fokus menangani penyakit tersebut.

“Bentuk satgas, sehingga jelas siapa yang nanti bertanggung jawab,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru