JAKARTA, HOLOPIS.COM – Filipina saat ini pada Senin (9/5), tengah melangsungkan proses pemilihan presiden (pilpres), di mana terdapat dua nama yang dinilai paling berpeluang untuk menang yakni Marcos Jr dan Leni Robredo.

Lokasi pemungutan suara pada pilpres Filipina itu sendiri sudah dimulai sejak pagi waktu setempat hingga kabarnya ditutup pukul 19.00 malam waktu setempat.

Pada pilpres Filipina kali ini, dilaporkan bahwa terdapat setidaknya 10 kandidat yang bersaing satu sama lain demi menggantikan Presiden Rodrigo Duterte.

Tak hanya itu, ada sekitar 18000 jabatan mulai dari kursi wakil presiden, kursi di Senat, Dewan Perwakilan Rakyat hingga pemimpin daerah juga ikut diperebutkan.

Namun, dua nama yakni Marcos Jr dan saingannya bernama Leni Robredo yang juga merupakan wakil presiden petahana dinilai paling berpeluang untuk menang.

Dilansir dari Reuters Senin (9/5), bahkan dari jajak pendapat menempatkan bahwa Marcos Jr unggul 30 poin persentase dari Leni Robredo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keduanya berpeluang untuk menang ketimbang capres lainnya.

Dapat diketahui bersama bahwa Marcos Jr atau dikenal sebagai ‘Bongbong’ ini merupakan putra dari mantan Presiden Filipina bernama Ferdinand Marcos.

Ferdinand Marcos sendiri dikenal sebagai Presiden ke-10 Filipina yang diktator dan kepemimpinannya itu sendiri menjabat dari 30 Desember 1965 hingga 25 Februari 1986.

Sementara itu, putri dari Presiden Rodrigo Duterte yakni Sara Duterte-Carpio diperkirakan bakal memenangkan kursi Wakil Presiden walaupun jabatan Presiden dan Wakil Presiden dipilih secara terpisah. Marcos Jr dan Duterte-Carpio pun kabarnya dinilai sejajar.