JAKARTA, HOLOPIS.COMKepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta (Kadishub DKI), Syafrin Liputo meminta kepada para maniak olahraga roller skate atau sepatu roda agar tidak melakukan aktivitas dan hobinya di jalan raya dan fasilitas publik yang tidak diperuntukkan bagi mereka.

“Pemain roller skate, kami imbau untuk tidak bermain di jalan,” kata Syafrin kepada wartawan, Minggu (8/5).

Alasan yang sangat mendasar mengapa larangan itu disampaikan, karena aktivitas mereka di jalan raya bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

“Karena sangat membahayakan keselamatan bagi pemain roller skate juga bagi pengguna jalan lainnya,” imbuhnya.

Statemen ini disampaikan Syafrin pasca adanya video viral yang memperlihatkan sekelompok orang tengah main roller skate di lajur tengah di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Demi kenyamanan bersama, Syafrin pun menyarankan agar para pemain sepatu roda bisa bermain di arena yang telah disediakan. Lokasi-lokasi yang menjadi arena sepatu roda, disebut Syafrin, seperti di Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA) di Kawasan Sunter, Jakarta Utara atau di tempat lainnya.

“Kami persilakan mereka untuk bermain/beraktivitas roller skate di arena atau lokasi-lokasi yang memang sesuai peruntukkannya, seperti Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA) di Kawasan Sunter, Jakarta Utara atau sejumlah tempat lainnya yang peruntukannya bagi pemain roller skate,” tuturnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polda Endra Zulpan. Ia mengatakan bahwa para pemain sepatu roda tidak boleh melintas di tengah jalan raya.

Hal ini disampaikan, lantaran jalan raya bukan diperuntukkan bagi arena sepatu roda.

“Itu tentu tidak boleh dilakukan di tengah jalan seperti itu karena bukan trek buat sepatu roda,” ujar Kombes E Zulpan kepada wartawan hari ini.