Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

4 Manfaat Luar Biasa Ikan Kembung Bagi Kesehatan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Ikan merupakan sumber protein yang terjangkau dan ada banyak jenisnya, salah satunya ikan kembung. Selain daging yang lembut, ikan kembung juga kaya kandungan nutrisi sehingga membuat orang menyakini, jika mengonsumsinya secara rutin, tentu akan ada manfaatnya bagi tubuh. Rastrellliger kanagurta adalah nama ilmiah dari ikan kembung. Ikan yang hidup di laut ini masih sekerabat dengan ikan tenggiri, ikan tuna, dan ikan tongkol.

Berikut ini adalah manfaat ikan kembung yang mungkin Anda dapatkan jika dikonsumsi secara rutin:

1. Menjaga kesehatan otot dan saraf

Selain menyehatkan tulang, makan ikan kembung secara rutin juga memberikan manfaat pada kesehatan otot dan saraf. Ini karena ikan bandeng kaya akan kalium dan natrium.

Tubuh membutuhkan kedua mineral ini agar otot dan saraf dapat berfungsi dengan baik. Kadar kalium atau natrium yang rendah dalam tubuh, meningkatkan risiko Anda mengalami lemah, lelah, atau nyeri pada otot (myalgia).

Di samping itu, kalium juga bertugas untuk menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Tujuannya, kadar natrium tidak terlalu tinggi dan menyebabkan tekanan darah naik.

2. Memiliki potensi mencegah peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh ketika terdeteksi zat asing yang bisa menginfeksi. Meski menjadi bagian dari proses perlindungan diri dari penyakit dan gangguan, peradangan dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Salah satu cara mencegah peradangan pada tubuh adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan. Selain buah, makanan tinggi antioksidan ada pada ikan, contohnya ikan kembung.

3. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, ikan kembung bisa menjadi salah satu makanan pilihan. Kenapa? Pertama, ikan kembung kaya akan protein yang punya manfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme tubuh, maka semakin banyak kalori akan dibakar. Nah, efeknya berat badan akan turut menurun.

Kedua, alasan lain kenapa protein penting untuk diet, yakni karena protein memberikan energi bagi tubuh. Tentu tubuh Anda jadi tetap berenergi menjalani aktivitas walaupun sedang menjalani diet.

4. Menyehatkan tulang

Agar tulang tetap sehat dan kuat, Anda butuh asupan kalsium yang mencukupi. Kalsium bisa Anda temukan pada banyak makanan, termasuk ikan kembung ini.

Kandungan kalsium pada ikan kembung berkhasiat untuk menjaga kekokohan tulang dan gigi Anda. Apalagi bagi lansia, peran kalsium amatlah penting, yakni mencegah osteoporosis dan patah tulang.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat ikan kembung ini, Anda juga perlu mencukupi vitamin D. Pasalnya, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang ada pada makanan. Nah, vitamin D ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dari sinar matahari pagi atau produk susu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru