MEDAN, HOLOPIS.COM Masyarakat di wilayah Sumatera Utara (Sumut), diminta waspada dampak hujan lebat seperti longsor dan banjir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, dampak tersebut terjadi karena hujan lebat terjadi di wilayah pegunungan dan lereng.

“Waspada hujan lebat di wilayah pegunungan dan lereng yang dapat berpotensi terjadinya longsor dan banjir untuk wilayah dataran tinggi Sumatera Utara . Hujan sedang hingga lebat dapat terjadi pada Sabtu siang dan malam hari,” kata prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Lestari Purba, Sabtu (7/5).

Untuk cuaca, umumnya terjadi hujan ringan hingga sedang seperti di wilayah Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Simalungun, Langkat, Kep Nias, Toba, Mandailing Natal, dan sekitarnyasekitarnya pada siang hari.

Masuk sore hingga malam hari, hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Sedangkan dini hari, wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Karo, Dairi, T. Tinggi, Simalungun, Batubara dan sekitarnya berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Suhu Udara 17.0 – 33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen, dan angin berhembus dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam,  demikian Lestari Purba.