Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Arus Balik, Catat Rekayasa Lalin Tol Jawa dan Buka Tutup Layang Japek

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Jasa Marga mendukung kebijakan diskresi dari Kepolisian dalam pemberlakuan rekayasa lalu lintas di jalan tol khususnya one way pada arus balik Lebaran. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, pelayanan yang dilakukan untuk arus balik berbeda dengan arus mudik.

Salah satunya karena pada arus mudik lalu lintas terdistribusi ke berbagai wilayah tujuan seperti ke Jabar, Jateng dan Jatim.

“Pada saat arus mudik, masyarakat punya pilihan tanggal yang panjang untuk melakukan mudik. Sementara untuk arus balik, terfokus di akhir pekan ini, ditambah lagi kami melihat hingga H2 kemarin yang melakukan perjalanan mudik masih tinggi. Untuk itu kami mengimbau masyarakat untuk pulang sebelum tanggal 6-8 Mei 2022, atau sekaligus pada tanggal 9 Mei 2022 ke atas,” katanya, Jumat (6/5).

Sedangkan pada arus balik, dari sejumlah arah tersebut, semua kendaraan justru kan bertumpuk di Jabotabek yang koridor utama menuju ke wilayah Jabotabek tersebut adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Menurutnya, kapasitas jalan tol yang terbatas harus diantisipasi dengan pemberlakuan rekayasa lalu lintas baik contraflow maupun one way yang merupakan diskresi Kepolisian.

“Hal ini juga mempertimbangkan pendeknya periode arus balik jika dibandingkan dengan periode arus mudik,” tambahnya.

Dengan begitu Jasa Marga mendukung pemberlakuan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk untuk mengurai kepadatan kendaraan yang menuju ke arah Jabotabek malam ini.

Update pemberlakukan rekayasa lalu lintas dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan One Way dari Km 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan Jalan Tol Cikopo-Palimanan s.d Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta telah dibuka sejak pada pukul 21.41 WIB.

  2. Contraflow yang semula diberlakukan dua lajur mulai dari Km 72 s.d Km 70 dan satu lajur mulai dari Km 70 s.d Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, sejak pukul 22.52 WIB dilakukan pembukaan dua lajur secara bertahap mulai dari Km 72 s.d Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

  3. Kebijakan Buka Tutup akses masuk Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) dilakukan secara situasional. Akses masuk portal Jalan Layang Tol MBZ pada Km 48 Arah Jakarta yang sebelumnya telah ditutup sejak pukul 20.42 WIB, telah kembali dibuka sejak pukul 21.32 WIB.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru