Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

WHO Laporkan Hepatitis Misterius Serang 228 Anak di Dunia

JAKARTA, HOLOPIS.COM Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) melaporkan kasus hepatitis misterius yang mengancam anak-anak semakin meningkat. Kini, total kasus hepatitis misterius telah mencapai 228 kasus dari setidaknya 20 negara di dunia.

“Pada 1 Mei, setidaknya 228 kasus yang mungkin dilaporkan ke WHO dari 20 negara, dengan lebih dari 50 kasus tambahan sedang diselidiki,” kata juru bicara WHO, Tarik Jasarevic seperti dikutip dari Medical Xpress, Selasa (3/5).

“Sebagian besar kasus berasal dari Eropa tetapi ada yang lain di Amerika, Pasifik Barat dan Asia Tenggara,” tambahnya.

Sekadar informasi, kasus pertama hepatitis misterius ini dilaporkan pertama kali di Inggris, tepatnya di Skotlandia pada 5 April 2022 lalu. Saat itu, terdapat 10 kasus hepatitis misterius yang menjangkit anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Setelah itu, kasus hepatitis misterius itu menyebar hingga sampai di Tanah Air yang kemudian menewaskan 3 orang anak yang merupakan pasien di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Hingga kini, belum diketahui penyebab pasti penyakit yang menyerang organ hati manusia ini. Namun beberapa ahli menyebut penyakit ini disebabkan oleh Adenovirus yang teridentifikasi sebagai F type 41.

Adapun gejala hepatitis misterius ini menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diantaranya yakni gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, hingga penurunan kesadaran.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru