JAKARTA, HOLOPIS.COMWakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengungkap strategi polisi untuk mencegah kemacetan lalu lintas saat arus balik pada 6, 7, dan 8 Mei mendatang.

Jenderal Polisi bintang tiga itu menyebut, bahwa skema rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan hampir sama seperti saat arus mudik, akan tetapi ada beberapa perbaikan.

“Arus balik juga sudah disiapkan oleh Pak Kapolda Pak kakorlantas, nanti akan menerapkan hampir sama mulai tanggal 6, 7, 8 itu ada one way, ada contraflow dan ada ganjil genap. Tapi itu nanti akan disosialisasikan disampaikan dengan Pak Kapolda dan Kakorlantas,” kata Gatot Eddy, Minggu (1/5).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengatakan, bahwa sosialisasi intensif tersebut dilakukan agar nantinya masyarakat tahu betul terkait jadwal pelaksanaan rekayasa lalu lintas.

“Sehingga masyarakat juga akan tahu jam berapa itu nanti akan dilaksanakannya, sehingga masyarakat bisa melihat mungkin melalui televisi, melalui media-media mainstream, media sosial atau melihat informasi informasi yang akan kita sampaikan, akan secara masif,” ucapnya.

Selain itu, Gatot menyebut untuk mencegah terjadinya penumpukan pemudik di rest area, anggota polisi bakal berjaga di setiap rest area. Nantinya, kata dia, polisi akan memberitahukan pada pemudik terkait ketersediaan rest area.

“Kita sudah menempatkan anggota kita yang pertama di lokasi itu, memberi tahu bahwa rest area ini sudah penuh. Sehingga jika ada rest area itu yang sudah penuh, diinformasikan di depan di rest area yang lain. Karena nggak, ini masuk, ini kemudian keluar atau ada yang berhenti di pinggir jalan, ini menambah kemacetan” ujarnya.