JAKARTA, HOLOPIS.COM – Temulawak merupakan salah satu tanaman herbal khas Indonesia yang mempunyai manfaat bagi kesehatan, khususnya bagi area wajah. Namun tak sebatas itu, manfaat temulawak juga sangatlah luas hingga dapat menyehatkan tubuh.

Temulawak itu sendiri biasa kita jumpai dalam bentuk jamu tradisional hingga dalam bentuk masker wajah. Hal tersebut sudah bukan rahasia umum karena temulawak memiliki kandungan yang menyehatkan.

Menurut SehatQ, temulawak berasal dari famili Zingiberaceae atau temu-temuan dengan kandungan utama bernama kurkumin. Temulawak memiliki sifat anti-peradangan antioksidan dan antimikroba yang baik.

Berikut ini 7 manfaat temulawak yang dikhususkan untuk wajah.

1. Mencegah Kemunculan Jerawat

Jerawat dapat muncul akibat hormon, polusi dan lain sebagainya. Salah satu manfaat temulawak yakni untuk mencegah kemunculan jerawat di area wajah.

Diketahui, temulawak mempunyai kandungan astringent yang berfungsi untuk mengecilka pori-pori kulit sehingga secara tidak langsung kemunculan jerawat di permukaan kulit dapat dicegah.

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Tak hanya mencegah kemunculannya saja, temulawak juga membantu mengatasi jerawat pada wajah. Kandungan kurkumin dengan sifat anti-peradangan di dalamnya dapat meredakan peradangan jerawat bahkan dapat membuat jerawat tersebut cepat mengering. Selain itu, sifat antimikroba yang terkandung di dalamnya dapat langsung mengatasi jerawat membandel.

3. Mencerahkan Wajah

Kandungan kurkumin yang ada di temulawak dipercaya dapat mencerahkan wajah, di mana wajah kusam yang diakibatkan oleh penumpukan kotoran hingga sel kulit mati akan sirnah.

Tak hanya itu, kandungan kurkumin tersebut juga dapat mengurangi lingkaran hitam di sekitar area mata pada wajah.