Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

10 Manfaat Silaturrahmi

4. Membantu Memecahkan Masalah
Hidup di usia dewasa memang tidak mudah. Itulah sebabnya anda perlu bersosialisasi dengan orang lain. Dengan demikian, hal ini bisa menjadi ajang mencurahkan isi hati sebagai upaya mendapatkan pencerahan.

Karena saat bersilaturahmi di Hari Raya, anda akan berkumpul dengan sanak saudara, teman dekat, atau rekan sejawat. Berbagai pembicaraan menarik dan seru pun pasti menjadi topik utama. Di antara sekian banyak perbincangan, siapa tahu salah satunya terselip suatu hal yang bisa menjadi ide baru untuk memecahkan masalah anda atau bahkan ide bisnis yang menjanjikan.

Jadi, manfaat silaturahmi yang bisa anda rasakan lebih luas dari sekedar memperbaiki suasana hati. Tapi ingat ya Sobat Holopis, saat bersosialisasi atau bersilaturahmi, hindari bergosip, ya! Terutama membicarakan berbagai hal-hal “miring” seputar keluarga. Seperti misalnya mengapa ada yang belum menikah, belum memiliki anak, dan lain sebagainya. Hal-hal di atas tentulah menjadi suatu isu yang sangat sensitif dan malah dapat merusak suasana Lebaran yang penuh kehangatan.

Setelah anda semua mengetahui beberapa manfaat silaturahmi untuk kesehatan mental dan fisik anda, mari kita membahas beberapa manfaat silaturahmi dari sisi spiritual menurut Islam.

5. Membuat Semua Orang Menjadi Lebih Dekat dengan Penciptanya
Anda tentu percaya bahwa apa yang diperbuat oleh seseorang ke sesamanya, juga berarti melakukan hal yang serupa kepada penciptanya.

Manfaat silaturahmi bagi seseorang tidak hanya menyambung ikatan dengan sesama manusia, tapi juga hubungannya dengan Allah SWT.

6. Silaturahmi Membuat Gembira Sanak Saudara
Silaturahmi merupakan suatu langkah terpuji karena manfaat silaturahmi bisa membuat gembira sanak saudara. Bahkan Syeh Sholeh yang merupakan Mutasyar PCNU Brebes menyatakan bahwa sesungguhnya amal yang paling utama adalah membuat gembira orang mukmin.

7. Silaturahmi Akan Membantu Memperluas Rezeki
Manfaat silaturahmi yang sangat berguna bagi kehidupan adalah dilapangkannya rezeki yang lebih luas. Hal ini dikarenakan silaturahmi dapat membantu meningkatkan keharmonisan antara anggota keluarga besar, saudara, hingga teman lama.

Dengan saling bertemu, kita bisa saling membantu serta menolong satu sama lain, yang berarti juga kita saling berbagi rezeki.

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi,” (HR. Bukhari – Muslim).

8. Manfaat Silaturahmi dapat Dijauhi dari Api Neraka
Syeh Soleh juga menyebutkan bahwa manfaat silaturahmi adalah menjadikan iblis laknatullah menjadi sulit untuk menggoda manusia. Dengan demikian, manusia akan terhindar dari api neraka. Manfaat silaturahmi ini juga telah dijanjikan dalam salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi,” (HR Bukhari dan Muslim).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru