Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Planet Venus dan Jupiter Bakal Bertemu, Jadi Pemandangan Langka Minggu Ini

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Dua planet paling terang, Venus dan Jupiter diperkirakan akan ‘bertemu’ pada minggu ini.

Venus akan muncul hanya sekitar 0,2 derajat kurang dari diameter bulan purnama, selatan Jupiter. Menurut situs astronomi EarthSky (30/5), ini adalah sebuah konjungsi.

“Dengan langit pagi yang jelas di minggu lalu, anda bisa melihat pemandangan dengan mata telanjang dan bantuan teropong, dua planet yang akan terlihat bertemu, lalu berpisah,” demikian pengumuman dari Astronomy Now Magazine, Minggu (1/5).

Faktanya, kedua planet ini sebenarnya dalam keadaan terpisah jutaan mil. Namun jika dilihat dari Bumi, maka seolah-olah terlihat bahwa kedua planet seperti sedang bertabrakan.

Para pengamat langit akan mendapatkan pemandangan terbaik di pagi hari, sebelum silau matahari, dan planet-planet akan tampak saling berdekatan selama beberapa hari sekitar tanggal 30 April.

Fenomena ini akan menjadi pemandangan paling dekat antara Venys dan Jupiter yang telah muncul sejak 2016 Agustus silam.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru