Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Menhub Tambah 9 Armada Kapal di Dermaga Ciwandan Banten

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa pihaknya akan mengerahkan 9 (sembilan) armada kapal tambahan di Dermaga milik Pelindo di Ciwandan, Banten. Kesembilan kapal tersebut akan berlayar mengantarkan pemudik ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini.

“Kami akan siapkan 9 kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini,” sambungnya.

Penambahan armada kapal ini setalah Kementerian Perhubungan memutuskan untuk menambah 2 (dua) dermaga untuk mengurai kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak yang berlangsung sejak H-3 Lebaran.

“Kami putuskan menambah dua dermaga,” kata Budi, Sabtu (30/4).

Dua dermaga tersebut yakni Dermaga milik Pelindo di Ciwandan, Banten, dan Dermaga Indah Kiat yang sudah mulai beroperasi sejak Jumat (29/4) kemarin.

Ia berharap, penambahan dermaga dan armada kapal ini dapat mengurai kemacetan di jalan tol dan arteri di Banten, imbas dari penumpukan pemudik di Pelabuhan Merak, Banten.

“Ini akan mengurai kemacetan yang ada di sepanjang jalan tol dan arteri di Banten,”

Lebih lanjut, Menhub Budi juga mengimbau agar para pemudik ke arah Lampung dengan menggunakan moda transportasi laut untuk menunda keberangkatan, paling tidak sampai malam hari nanti.

“Saya mendengar Pak Kapolres Banten menganjurkan para pemudik yang masih di Jakarta atau tempat lain menunda (keberangkatan) beberapa jam,” tandasnya.

Ia pun menyampaikan maaf atas terjadinya kemacetan pada masa mudik Lebaran 2022 ini.

“Kami ucapkan maaf belum bisa melayani dengan baik, tapi insyaallah dalam (waktu) kurang dari dua belas jam, proses penyeberangan bisa berlangsung dengan baik,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru