JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik kedatangan Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Khisida di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, hari ini, Jumat (29/4).

Dalam kesempatan itu, Orang nomor 1 (satu) di RI itu mengajak pemimpin negeri Sakura itu untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia, seperti Ibu Kota Negara (IKN) serta Pelabuhan Ambon.

Jokowi juga menyambut kelanjutan dari proyek pembangunan Pelabuhan Patimban yang kini telah memasuki fase 1 tahap kedua.

“Serta penyelesaian proyek infrastruktur yang sudah berjalan seperti Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Kishida, Jumat (29/4).

Tak hanya itu, Jokowi juga mengapresiasi komitmen kerja sama bilateral antara kedua negera, seperti di sektor kelautan, yakni pembangunan sentra kelautan di Natuna (Kepulauan Riau) serta Biak (Papua).

Jepang juga akan membangun sentra serupa di Sabang, Saumlaki, hingga Morotai.

Kemudian di sektor energi, Jokowi berharap ada percepatan implementasi kerja sama transisi energi lewat investasi di bidang energi baru terbarukan (EBT) seperti hidrogen, biomassa, serta metana.

“Serta finalisasi dan implementasi dari kerja sama di bidang lingkungan hidup,” kata dia.

Jokowi juga menegaskan potensi kerja sama di bidang ketenagakerjaan, terutama untuk pengisian lowongan kerja di Jepang oleh para pekerja migran Indonesia.

Dengan demikian, Jokowi berharap agar PM jepang bersedia untuk bekerja sama di sisi pelatihan, sehingga dihasilkan calon pekerja yang kompeten.

Selain itu, kedua kepala negara itu juga menyinggung masalah geopolitik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Kedua sepakat untuk menciptakan suasana kondusif agar agar perundingan damai dapat segera terlaksanana.

“Presidensi Indonesia di G20 akan kami manfaatkan sebagai katalisator penanganan kemanusiaan dan pemulihan ekonomi dunia,” kata Jokowi.