Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Dear Pemudik, Waspada Potensi Puting Beliung dan Rob di Jalur Pantura

JAKARTA, HOLOPIS.COM Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Budi Juanda mengingatkan kepada para pemudik agar waspada akan adanya potensi bencana angin puting beliung dan rob di Jalur Pantai Utara (Pantura).

“Kondisi Pantura dan jalur selatan berbeda. Di Pantura, harus waspadai kemungkinan angin puting beliung dan banjir terutama akibat rob,” kata Budi, (26/4).

Selama periode 29 April-8 Mei, hujan diprediksi masih akan turun dengan deras di wilayah Pantura. Sehingga, potensi bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor, angin puting, dan banjir akibat Rob dapat menghambat perjalanan mudik.

Sementara di jalur selatan, kata Budi, pemudik wajib mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti longsor, banjir dan tanah bergerak.

Dia menjelaskan, Jabar memang memiliki banyak titik rawan bencana yang harus diwaspadai. Ia mengatakan sejak Januari hingga April 2022 sudah tercatat sekitar 400 kejadian akibat bencana.

“Artinya, potensi memang ada ditambah dengan adanya pergerakan orang pas mudik,” cetus Budi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Jabar menyiagakan 22 Disaster Relief Unit (DRU) dilengkapi alat berat yang dapat dipakai sewaktu-waktu jika ada bencana. BPBD juga menyediakan posko di wilayah kabupaten/kota yang rawan bencana yang diisi petugas BPBD, Dishub, Damkar, PMI, ORARI, hingga pramuka.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono mencatat ada 87 titik rawan longsor, yang mencakup 56 titik di jalan provinsi dan 31 titk jalan nasional. Sementara titik rawan banjir berada di 30 titik, diantaranya yakni 25 titim di jalan provinsi dan 15 titik di jalan nasional).

“Untuk pergerakan tanah dan tanah longsor sebagian besar di wilayah selatan. Sementara untuk kemacetan di antaranya, di ruas Cibeet, Bekasi dan Rancakalong Sumedang,” kata Bambang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru