JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menjelang libur lebaran 2022, sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai pulang ke kampung halaman untuk melakukan mudik.

Terpantau Holopis.com pada hari Rabu (27/4), Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 menerima cukup banyak calon penumpang untuk melakukan mudik.

Meski demikian, keramaian penumpang masih cenderung stabil dan tidak terlalu padat sehingga menyebabkan kemacetan antrian.

Seorang pemudik bernama Athira mengatakan, keramaian di bandara pada arus mudik lebaran 2022 ini masih berada di angka yang stabil.

“Jumlah calon pemudik jalur udara tampaknya hari ini masih stabil. Mungkin lebih banyak pemudik jalur darat sehingga belum terasa hari ini di bandara,” kata Athira kepada Holopis.com, Rabu (27/4).

 

Suasana Bandara Soetta saat arus mudik 2022
Suasana Bandara Soetta saat arus mudik 2022 (27/4) (Foto: BI/Holopis.com)

Menurut Direktur Utama AirNav Indonesia Polana Banguningsih Pramesti, puncak arus mudik memang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 30 April 2022. Diperkirakan, lonjakan aktivitas perjalanan masyarakat akan tinggi di hari-hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H itu.

“Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 30 April 2022, dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada tanggal 8 Mei 2022,” kata Polana (26/4).

Seperti diketahui, tahuh ini menjadi momen mudik yang telah lama ditunggu masyarakat selama 2 tahun, akibat kasus Covid-19 yang semakin parah.

Karena kasus infeksi sudah melambat dan pendistribusian vaksinasi yang semakin luas, pemerintah mengadakan cuti bersama untik mudik mulai tanggal 29 April hingga 6 Mei 2022.