JAKAFRTA, HOLOPIS.COM – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Anton Sukartono Suratto mengatakan, pengguna internet di Indonesia dalam lima tahun terakhir telah mengalami peningkatan sebesar 54,25% dari jumlah total populasi di tahun 2018.

Untuk tahun ini, angka pengguna internet di Indonesia pun sudah mencapai 204,7 juta pengguna dari jumlah penduduk 277,7 juta orang, yang artinya pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 73,7%.

“Dari peningkatan tersebut, dapat dilihat jika masyarakat Indonesia mampu beradaptasi dengan perubahan digital, dimana pada saat ini sedang terjadi era revolusi 4.0. Namun, peningkatan penggunaan internet tersebut tidak disertai dengan peningkatan literasi digital,” kata Sukartono melalui pernyataan yang diterima Redaksi Holopis.com, Selasa (26/4).

Litetasi digital yang tinggi sangat diperlukan agar tidak terdampak atau bahkan ikut menyebarkan berita negatif dan berita hoaks.

Dijelaskan Sukartono, hoaks adalah berita palsu yang sengaja dibuat dengan niat buruk untuk menyesatkan opini publik tanpa memastikan berita tersebut benar atau tidak.

Berita hoaks dapat menyebabkan perpecahan, kehilangan harga diri seseorang, hingga hilangnya pekerjaan, serta penyebaran informasi pribadi.

Sukartono menjelaskan ada beberapa ciri dari berita hoaks, antara lain memiliki judul yang kontroversi, gambar yang tidak sesuai, dan isi berita yang berasal dari sumber yang tidak jelas.

“Maka dari itu diperlukan kemampuan yang baik agar masyarakat dapat bijak dalam menggunakan media sosial dan dapat mencegah tersebarnya berita hoaks,” pungkas Sukartono.