BONTANG, HOLOPIS.COM Bencana banjir merendam lebih dari seribu rumah warga yang ada di delapan kelurahan yang ada di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, setidaknya ada delapan kelurahan di Kota Bontang, yang terendam banjir sejak Senin (25/4).

“Tercatat ada 1.992 unit rumah milik warga di delapan kelurahan terdampak banjir dengan ketinggian muka air bervariasi antara 50 sampai 100 sentimeter,” kata Abdul, Selasa (26/4).

Abdul menjelaskan, delapan kelurahan tersebut meliputi, Kelurahan Guntung, Kelurahan Api-Api dan Kelurahan Gunung Elai di wilayah Kecamatan Bontang Utara. Kemudian wilayah Kecamatan Bontang Barat dengan Kelurahan Gunung Telihan dan Kelurahan Kanaan yang mengalami banjir. Selanjutnya Kelurahan Satimpo, Kelurahan Tanjung Laut Indah dan Kelurahan Tanjung Laut di wilayah Kecamatan Bontang Selatan.

Dari pemutakhiran data terakhir, setidaknya 1.992 KK atau sekitar 6.425 jiwa terdampak banjir. Sebagian diantaranya mengungsi ke Kantor Kelurahan Gunung Elai dan ke rumah kerabat yang lebih aman.

Untuk memenuhi kebutuhan dasar berupa makanan dan minuman, BPBD Kota Bontang telah mendirikan pos dapur umum di Kelurahan Gunung Telihan.