JAKARTA, HOLOPIS.COMKebakaran hebat telah terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk di kawasan Pasar Gembrong, Jalan Basuki Rahmat, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur sejak Minggu (24/4) malam.

Menurut keterangan dari Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, bahwa ada 400 unit rumah warga di 6 (enam) rukun tetangga (RT) ludes dilahap di jago merah.

“Objek terbakar 400 bangunan terdiri dari rumah dan pertokoan di RT 2, RT 3, RT 4, RT 5, dan RT 6 RW 01,” kata Gatot dalam keterangan tertulis, Senin (25/4).

Gatot menerangkan, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik atau korsleting yang terjadi di lantai dua rumah salah seorang warga.

Saat rumah warga kebakaran, sang pemilik rumah sempat berteriak memberitahu warga sekitar sekaligus minta tolong karena rumahnya kebakaran.

Sayangnya, api cepat merembet kemana-mana karena mayoritas rumah di sekitar bangunan itu dibangun dari material kayu.

“Warga berusaha memadamkan api, namun api cepat sekali membesar dan merembet ke sekitar karena bangunan sekitar terbuat dari kayu-kayu,” ujar dia.

Gatot menerangkan, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur yang menerima laporan sekitar pukul 21.06 WIB langsung mengerahkan 14 unit kendaraan pemadam kebakaran ada 70 orang personel untuk melakukan upaya pemadaman. Namun karena api masih sulit dijinakkan, akhirnya dikerahkan mobil tambahan dan personel, sehingga total yang diturunkan adalah 26 unit mobil pemadam dan 130 personel ke lokasi kebakaran.

Selama tiga jam berjibaku, api dilaporkan telah berhasil dilokalisir pada pukul 23.00 WIB. Selanjutnya, petugas fokus melakukan pendinginan hingga Senin dini hari agar tidak lagi muncul api dan membesar.

“Api dilokalisir pukul 23:00 WIB. Situasi terakhir sedang pendinginan,” ujar dia.