JAKARTA, HOLOPIS.COM Pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir terkait adanya mafia bibit di sektor pertanian membuat Partai Nasional Demokrat (NasDem) bereaksi. Pasalnya, Kementerian Pertanian dipegang Syahrul Yasin Limpo, yang notabenenya adalah kader partai besutan Surya Paloh.

Wasekjen Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim mendesak Erick Thohir untuk segera memberikan penjelasan yang lebih spesifik tentang mafia bibit di Kementan.

“Kalau hal itu ada (mafia bibit), maka Nasdem akan mendesak Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mengundurkan diri dari kabinet karena telah menciderai misi pengabdian restorasi yang diamanatkan oleh partai kepada beliau,” tegas Hermawi kepada wartawan, Senin (25/4).

Hermawi menambahkan, apabila memang ada bukti kuat terkait dugaan penyimpangan di Kementerian Pertanian, maka NasDem meminta KPK atau Kejaksaan Agung untuk segera mengusut tuntas.

Di sisi lain, NasDem juga mempertanyakan adanya pernyataan yang terkesan tiba-tiba dari Menteri BUMN Erick Thohir terkait adanya mafia di Kementan.

“Nasdem juga ingin bertanya kepada Erick Thohir kok ujug-ujug ngomong soal mafia di Kementan. Apakah Erick Thohir sedemikian yakin bahwa di Kementerian BUMN tidak ada mafia?” tutur Hermawi.

Sebagaimana diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut adanya mafia bibit saat memberikan kuliah umum di Universitas Padjadjaran.

“Bibit pun ada mafianya. Banyak petani mendapatkan bibit yang hybrid, yang salah, sehingga ketika tumbuh tidak baik,” ujar Erick.

Karenanya, Erick berharap agar praktik mafia tidak bisa dibiarkan berkembang karena menurunkan kualitas bibit yang diterima petani.