JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Rusia, Volodymyr Zelenskyy berharap diberikan senjata berat oleh Amerika Serikat dalam pembicaraanya dengan menlu dan menteri pertahanan AS di Kiev.

“Ketika kita mendapatkan leboh banyak senjata, saat jumlahnya cukup, percayalah kami akan mengambil alih wilayah-wilayah yang saat ini sedang dikuasai,” kata Zelenskyy, melansir CNA, Minggu (24/4).

Pemimpin Ukraina tersebut juga memberi peringatan bahwa Kiev akan menghentikan pembicaraan dengan Moskow jika Rusia menghancurkan warga Ukraina yang yang terkepung di kota Mariupol.

Dalam konferensi pers yang penuh emosional, Zelenskyy juga sempat mengungkapkan bahwa menurutnya, Rusia bisa menggunakan senjata nuklir. Tapi ia tidak mau yakin bahwa Rusia bisa ‘setega’ itu.

Zelenskyy pun terlihat mulai menahan tangis saat ia mengatakan merasakan apa yang dirasakan setiap warga Ukraina yang kehilangan anaknya akibat perang Rusia.

Hari Sabtu (23/4) merupakan hari yang sangat sulit untuk pasukan Ukraina yang terjebak di Mariupol. Kiev pun akan menawarkan Moskow berbagai perjanjian demi pelepasan Mariupol.