JAKARTA, HOLOPIS.COMMenteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD menyampaikan ucapan selamat atas ulang tahun ke 88 untuk ormas kepemudaan Nahdlatul Ulama, yakni Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor).

“Selamat harlah yang ke 88 kepada GP Ansor,” kata Mahfud MD, Minggu (24/4).

Ia pun berpesan kepada GP Ansor agar tetap menebarkan Islam yang ramah bagi seluruh alam semesta.

Dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai perjuangan demi menjaga marwah serta keutuhan Indonesia.

“Tetaplah menjadikan (menyebar) Islam rahmatan lil alamiin, sebagai dasar perjuangan merawat NKRI,” pesannya.

Perlu diketahui Sobat Holopis, bahwa hari ini GP Ansor berusia 88 tahun. Badan Otonom Nahdlatul Ulama (NU) yang bergerak di bidang kepemudaan dan kemasyarakatan itu lahir berkat kesepakatan para kader dan petinggi NU di Muktamar Nahdlatul Ulama ke 9 yang digelar di Banyuwangi, 24 April 1934 silam.

Gerakan Pemuda Ansor saat ini membawahi beberapa sub organisasi, antara lain ; Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Rijalul Ansor, Densus 99, Lembaga Wakaf Ansor, Lembaga Bantuan Hukum Ansor dan Barisan Ansor Anti-Narkoba. Selain itu, GP Ansor juga telah memiliki pengurus wilayah yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

Ada tiga tujuan mengapa GP Ansor tersebut harus lahir. Antara lain ; membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang cerdas dan tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berkepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat, terampil, patriotik, ikhlas dan beramal shalih.

Kemudian, menegakkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah dengan menempuh manhaj salah satu madzhab empat di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Serta berperan secara aktif dan kritis dalam pembangunan nasional demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia yang berkeadilan, berkemakmuran, berkemanusiaan dan bermartabat bagi seluruh rakyat Indonesia yang diridhoi Allah SWT.