JAKARTA, HOLOPIS.COMInisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Alhamdi menyarankan kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa agar membentuk organisasi khusus para dokter militer Indonesia.

“Harapan saya, Panglima TNI melahirkan organisasi kedokteran militer. Karena dokter militer tidak berpolitik praktis,” kata Habib Syakur kepada Holopis, Minggu (24/4).

Ia ingin sekali para dokter militer berinduk di satu organisasi khusus yang jauh dari kepentingan politik praktis.

“Organisasi kedokteran militer itu nanti bisa berinduk ke organisasi TNI, bukan ke IDI. Karena IDI banyak kecenderungan berpolitik,” ujarnya.

Keberadaan organisasi kedokteran militer itu bisa menjadi bukti bahwa Panglima TNI sangat memperhatikan aspek keselamatan masyarakat Indonesia.

“Saya yakin Panglima Andika sangat memikirkan kesehatan rakyat Indonesia dengan mempertahanan pola dr Terawan,” tandasnya.

Secara khusus, Habib Syakur sangat mendukung dr Terawan Agus Putranto, mantan Menteri Kesehatan sekaligus anggota IDI yang telah dipecat secara permanen oleh organisasinya itu melalui Muktamar ke 31 di Banda Aceh beberapa waktu yang lalu. Sementara menurutnya, dr Terawan adalah aset bangsa yang seharusnya didukung dan dilindungi.

“dr Terawan ini aset bangsa yang harus diberikan kesempatan yang lebih luas untuk menjaga kesehatan rakyat Indonesia,” ucapnya.