JAKARTA, HOLOPIS.COMPolitisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Habib Husin Alwi Shihab atau yang karib disapa Husin Shahab menyayangkan narasi-narasi yang ditebarkan Khalid Basalamah dengan dalih berdakwah Islam.

Salah satunya adalah penggalan video Khalid Basalamah yang menyebut bahwa penebaran Islam adalah melalui mekanisme peperangan.

Menurut Husin, apa yang diutarakan oleh Khalid Basalamah sangat berbahaya, apalagi jika “dikonsumsi” oleh umat yang awam.

“Bahaya orang ini kalau masih ada di Indonesia,” kata Husin di akun Twitter pribadinya @HusinShihab, Sabtu (23/4).

Ditekankan oleh Husin, bahwa Rasulullah Muhammad SAW menyebarkan ajaran agama Islam ke seantero jazirah Arab bukan semata melalui peperangan. Melainkan lebih mengedepankan akhlakul karimah.

“Nabi menyebarkan Islam dengan adabnya, bukan dengan pertumpahan darah. (Karena) Muhammad ibn Abdullah diangkat sebagai Nabi karena akhlaknya, bukan karena memerangi orang kafir,” tegasnya.

Bagi Husin, narasi-narasi tersebut justru bisa mengarah kepada penodaan agama, di mana Khalid Basalamah menarasikan seolah Islam dibangun karena dasar peperangan.

“Mohon atensi @CCICPolri ada dugaan berita bohong dan penistaan agama di sini,” ucap Husin.

Sebuah penggalan video menampilkan isi ceramah Khalid Basalamah, dimana ia mengajak para jamaahnya untuk membenarkan jika Islam disebarkan melalui mekanisme peperangan.

“Seandainya ada orang Nasrani, Yahudi semua orang kafir yang mengatakan kepada Anda, Islam dikembangkan dan diekspansi dengan pertumpahan darah, katakan iya, memang iya,” kata Khalid Basalamah.