JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sebuah gaun yang dikenakan karakter Dorothy dari film klasik legendaris tahun 1939, The Wizard of Oz akan dijual sebesar (Rp 17.3 miliar).

Seorang direktur budaya populer di Bonhams Los Angeles, Helen Hall mengatakan, bahwa gaun tersebut adalah gaun bersejarah yang luar biasa.

“Gaun ini memiliki sejarah luar biasa dan Bonhams merasa sangat terhormat menjadi bagian dari perjalanannya,” kata Helen Hall, (24/4).

Ia menambahkan bahwa gaun yang dikenakan oleh aktris Hollywood legendaris Judy Garland ini jarang muncul di pasar lelang.

Jika anda menonton The Wizard of Oz, gaun yang dikenakan Garland sebagai Dorothy ada dalam adegan saat Dorothy harus menghadapi the Wicked Witch of the West di kastil sang penyihir.

Sejarah pejaralanan gaun legendaris Dorothy

Gaun Judy Garland Sebagai Dorothy di The Wizard of Oz
Gaun Judy Garland Sebagai Dorothy di The Wizard of Oz

Gaun tersebut awalnya diberikan kepada mantan kepala drama universitas, Pendeta Gilbert Hartke, oleh Mercedes McCambridge, seorang aktris dan artis Hollywood yang tinggal di universitas itu pada tahun 1973.

Sempat hilang di tahun 1980-an, kostum itu baru ditemukan, dan hasil penjualannya akan disumbangkan untuk departemen drama.

The Wizard of Oz adalah film populer dan legendaris tahun 1939 dan dibintangi oleh Judy Garland.

Lagu Somewhere Over the Rainbow yang dinyanyikan Garland di film itu menjadi salah satu lagu terpopuler sepanjang masa dan masih sering dinyanyikan hingga saat ini.