JAKARTA, HOLOPIS.COMMenteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan bahwa pemerintah Turki siap mendukung pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan Presidensi G20.

Hal ini dikatakan Retno usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu di Ankara, Turki, Jumat (22/4).

“Pada pertemuan itu, kedua menlu tersebut membahas berbagai isu bilateral dan global, seperti kerja sama ekonomi dan kesehatan, perang di Ukraina, G20, hingga Palestina.

“Dengan presidensi Indonesia di G20 dan keketuaan Turki di MIKTA, kita memiliki peran strategis dalam mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi dunia,” kata Retno dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu (23/4).

MIKTA adalah kemitraan informal di antara negara-negara kekuatan menengah, yaitu Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia.

Terkait G20, kedua menlu sepakat mengenai pentingnya memajukan prioritas G20 dalam mengatasi pandemi, menciptakan ketahanan kesehatan global, dan mendorong transformasi digital dan transisi energi.

Retno mengatakan sebagai pemegang presidensi G20, Indonesia akan terus bekerja, menjalin komunikasi dan konsultasi dengan semua negara anggota agar di tengah situasi dunia yang sangat sulit ini, G20 tetap dapat bekerja dan berkontribusi secara signifikan bagi upaya dunia untuk pulih dari pandemi dan mengatasi dampak perang di Ukraina.