JAKARTA, HOLOPIS.COM – Supermarket diseluruh Inggris mulai membatasi penjualan minyak goreng akibat keterbatasan pasokan. Hal tersebut dikarenakan invasi Rusia ke Ukraina.

Dikabarkan merek minyak bunga matahari di Inggris dikirim dari Ukraina. Ini juga mengakibatkan pembatasan produk seperti minyak zaitun dan lobak.

“Kami punya pasokan cukup untuk minyak makan di toko dan online. Jika ada pelanggan yang tidak menemukan minyak langganannya, kami punya pilihan alternatif,” kata sebuah supermarket bernama Tesco di Inggris, Sabtu (23/4).

Tesco juga menyampaikan mereka hanya mengizinkan pembelian tiga produk masing-masing pelanggan.
Sementara itu, supermarket Waitrose mengizinkan dua produk minyak goreng untuk satu pelanggan.

“Kami akan mengontol ketat situasi dan bekerja dengan pemasuk untuk memastikan pelanggan tetap mendapatkan minyak makan yang berkualitas,” kata Waitrose, Sabtu (23/4).

Tak hanya berdampak pada Rusia akibat sanksi-sanksi yang diberikan barat, perang Ukraina juga mengancam pasokan makanan dan mata pencaharian masyarakat di Eropa, Afrika, dan Asia.

Ukraina diprediksi memiliki peluang dalam memenangkan perang. Terlihat dari perubahan strategi Moskow yang mulai menyerang bagian timur Ukraina.