JAKARTA, HOLOPIS.COMJustin Bieber dan Dan + Shay digugat atas dugaan pelanggaran hak cipta lagu 10.000 Hours. Justin Bieber dan Dan + Shay dituduh “mencuri bagian inti” dari lagu The First Time Baby Is A Holiday. Gugatan tersebut diajukan pada Kamis (21/3) waktu setempat di pengadilan federal Los Angeles oleh sebuah perusahaan bernama Melomega.

“Pencurian yang dilakukan terdakwa sangat jelas. Seseorang hanya perlu mendengarkan ‘First Time’ dan ‘10.000 Hours’ untuk mengetahui kesamaan yang jelas di antara dua lagu tersebut,” tulis aduan itu, seperti diberitakan Variety (21/3).

“Kesamaannya sangat mencolok sehingga ‘10.000 Hours’ tidak mungkin diciptakan secara independen,” lanjut pernyataan tersebut.

10.000 Hours tidak hanya dituduh mirip secara substansial, tetapi juga menyalin bagian terpenting dari The First Time Baby Is A Holiday. Bagian tersebut meliputi chorus, verse, dan hook.

Gugatan tersebut juga didukung ahli musik Dr. Alexander Stewart yang menyatakan “kesimpulan yang tidak dapat dielakkan bahwa tergugat mencuri lagu penggugat”.

Justin Bieber dan Dan + Shay merilis 10.000 Hours pada Oktober 2019, empat hari setelah pernikahan Justin Bieber dan Hailey Baldwin digelar di South Carolina.

Lagu tersebut menjadi single utama dari album Dan + Shay berjudul Good Things rilisan 2021. 10.000 Hours meraih Grammy Awards 2021 untuk kategori Best Country Duo/Group Performance.

Proyek kolaborasi bintang pop dengan duo musisi country tersebut juga berhasil mendapat penghargaan American Music Awards 2020 dan iHeartRadio Music Awards 2020.

Hingga saat ini, belum ada komentar atau pernyataan resmi dari pihak Justin Bieber maupun Dan Smyers dan Syah Mooney alias Dan + Shay.