JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kumpulan foto-foto dari satelit yang menunjukkan pemandangan kuburan masal di sekitar kota Mariupol, Ukraina ramai beredar di dunia maya.

Gambar-gambar tersebut diambil oleh perusahaan pencitraan satelit Maxar Technologies. Maxar mengatakan ada lebih dari 200 kuburan massal yang digali dalam barisan panjang.

“Dari tinjauan gambar, terlihat kuburan Manhush digali pada akhir Maret, tetapi baru-baru ini semakin diperluas,” demikian pernyataan dari Maxar melansir Skynews, Jumat (22/4).

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim kemenangan dari pertempuran terbesar di invasi tersebut. Hasilnya adalah klaim Rusia dalam mengambil alih Mariupol.

Walikota Mariupol, Vadym Boychenko menuduh Rusia menyembunyikan kejahatan militer mereka dengan cara mengumpulkan mayat-mayat warga sipil dan mengubur mereka di Manhush.

Sebagai informasi, Rusia diprediksi oleh petinggi-petinggi Barat dapat memenangkan perang Ukraina. Terlepas dari banyak kesalahan yang mereka lakukan di awal invasi.