JAKARTA, HOLOPIS.COM Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson menyebut Presiden Rusia, Vladimir Putin seperti buaya yang mengunyah kaki Ukraina.

Disampaikan kepada wartawan pada Kamis (21/4), Johnson mengatakan bahwa mustahil Kiev bisa bernegosiasi dengan Rusia, sambil menambahkan bahwa Barat akan terus mengirim artileri dan senjata lainnya ke Ukraina.

“Sangat sulit untuk melihat bagaimana Ukraina dapat bernegosiasi dengan Putin, mengingat kurangnya itikad baik dan strateginya, yang terbukti mencoba merebut Ukraina,” kata Johnson, seperti dikutip dari Yahoo News, Jumat (22/4).

“Jadi, bagaimana Anda bisa bernegosiasi dengan buaya ketika kaki Anda berada di rahangnya? Itulah kesulitan yang dihadapi Ukraina,” ujarnya.

Johnson mengatakan Ukraina harus segara melakukan tindakan, sementara Inggris dan sekutu NATO-nya akan terus memberikan uang dan senjata kepada Kiev.

“Konsensus para pemimpin G7 di Ukraina adalah untuk terus memasok mereka dengan hal-hal yang mereka butuhkan, membantu mereka mempertahankan diri,” kata Johnson.

Inggris melakukan banyak hal untuk memasok peluru era Soviet, di samping 150 kendaraan lapis baja lainnya.

Johnson berbicara dengan wartawan saat sedang dalam perjalanan ke India, di mana ia bertujuan untuk menekan pemerintah Narendra Modi agar mengurangi hubungan militer dan ekonomi dengan Moskow.