SULTENG, HOLOPIS.COM Ratusan rumah milik warga di Kecamatan Baolan, Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah terendam banjir dengan ketinggian beragam.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir tersebut terjadi imbas dari peningkatan debit air sungai Lembe.

“Sebanyak 400 unit rumah warga terendam banjir di setelah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan debit air Sungai Lembe naik hingga meluap masuk mengenangi pemukiman warga,” kata Abdul, Jumat (22/4).

Abdul mengatakan, banjir yang terjadi sejak Rabu (20/4) tersebut juga telah relatif surut. Namun, warga terdampak di Desa Lelean Nono, Desa Panasakan dan Kelurahan Baru yang terletak di Kecamatan Baolan tetap mengantisipasi bencana banjir susulan.

“Belum ada laporan korban jiwa atas bencana banjir ini,” tuturnya.

Melihat peringatan dini cuaca BMKG hari ini, wilayah Sulawesi Tengah berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang sampai dinihari di wilayah Kab/Kota Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.