JAKARTA, HOLOPIS.COM – Beberapa cuplikan yang menunjukkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan Presiden Rusia Vladimir Putin tersebar di media sosial. Dalam video itu, Sergei dan Putin sedang membahas keinginan sang presiden agar pabrik baja Mariupol dijaga dengan sedemikian rupa, bahkan lalat saja tidak bisa menerobos.

“Pabrik baja Azovtal di Mariupol telah diblokir dengan aman. Sementara itu kota Pelabuhan lainnya telah ‘dibebaskan,” kata Shoigu melansir Skynews, Kamis (21/4).

Shoigu kemudian mengatakan bahwa pasukan Rusia telah mengambil langkah tersebut untuk menyelamatkan nyawa warga sipil. Sementara itu nasionalis yang tersisa sekarang bersembunyi di pabrik baja.

Saat ini, Rusia telah menarik pasukan dari Kiev dan mulai menyerang bagian Timur Ukraina. Wilayah Donbas dikabarkan telah berhasil dikuasai Rusia, dan disusul dengan Mariupol yang diklaim Rusia telah ‘dibebaskan.’

Invasi Rusia terhadap Ukriana telah berlangsung sejak tanggal 24 Februari dalam sebuah tindakan yang mereka sebut sebagai operasi militer spesial.

Rusia mengaku tidak menargetkan warga sipil dalam operasi mereka. Namun akibat invasi tersebut, ribuan warga Ukraina dinyatakan tewas, dan jutaan lainnya harus mengungsi.