JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hong Kong kembali membuka sejumlah fasilitas publik mulai dari gym, salon kecantikan, taman bermain, hingga bioskop untuk pertama kalinya sejak empat bulan lalu.

Pembukaan beberapa fasilitas umum ini dilakukan setelah para pejabat Hong Kong melonggarkan peraturan Covid-19 yang selama ini telah membebankan warga dan pemilik bisnis.

“Semua orang sudah bisa berkegiatan dan menghasilkan uang. Ini bagus, orang-orang bisa beraktivitas lagi, semuanya senang,” kata salah satu warga sipil bernama Idy Lee, melansir CNA, Kamis (21/4).

Beberapa restoran di Hong Kong bahkan mengaku telah menerima pesanan dalam beberapa minggu kedepan akibat durasi bisnis sudah diperpanjang hingga pukul 10 malam, dari yang sebelumnya hanya sampai pukul 6 sore.

Selain itu, banyak juga sekolah yang sudah memberlakukan tatap muka setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar online selama berbulan-bulan.

Pelonggaran peraturan ini dilakukan saat jumlah infeksi Covid-19 telah berkurang hingga dibawah 1000 kasus pada 6 hari terakhir. Sebelumnya, Hong Kong mencatat kasus infeksi hingga 70,000 pada 3 Maret, yang membuat peraturan sangat ketat diberlakukan.