SUMUT, HOLOPIS.COM Bencana angin kencang merusak puluhan rumah milik warga di Kelurahan Tanah Merah dan Bhakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, bencana angin kencang yang terjadi sejak Selasa (19/4) tersebut terjadi bersamaan dengan hujan lebat di Kota Binjai.

“Dari total 63 rumah rusak, ada 8 unit yang mengalami rusak berat. Kemudian rusak sedang 44 unit dan rusak ringan 11 unit,” kata Abdul (20/4).

Abdul mengatakan, meskipun sejumlah warga rumahnya rusak, namun warga memilih tetap bertahan di rumah mereka masing masing pasca bencana angin kencang.

Sebagian besar kerusakan terjadi pada atap rumah akibat hempasan angin kencang. Di samping itu, sejumlah pohon tumbang juga terjadi saat peristiwa itu berlangsung pada petang hari.

Menyikapi kejadian tersebut, BPBD Kota Binjai segera memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak bencana. Pihaknya melakukan pendataan dan koordinasi dengan aparat kelurahan setempat. Personel BPBD yang dibantu warga membersihkan material bangunan yang rusak dan pohon tumbang.