Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSoal Wacana Kenaikan Harga Pertalite-LPG, Wamenkeu : Masih Dikaji

Soal Wacana Kenaikan Harga Pertalite-LPG, Wamenkeu : Masih Dikaji

JAKARTA, HOLOPIS.COM Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara angkat bicara terkait wacana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan LPG 3 kilogram atau LPG melon yang menjadi perbincangan publik belakangan ini.

Ia menuturkan, pemerintah masih terus melakukan kajian terkait hal tersebut dengan tetap mempertimbangan kondisi ekonomi global saat ini, terlebih terkait kenaikan harga komoditas di pasar internasional serta munculnya inflasi di sejumlah negara imbas perang Rusia-Ukraina.

“Tentu ini semua harus kita kaji dan karena itu kita akan melihatnya secara hati-hati,” kata Sua, sapaan akrabnya dalam keterangan pers virtual, Rabu (20/4).

Menurut Sua, kenaikan harga komoditas, terutama minyak mentah dunia tentu akan mempengaruhi anggaran pemerintah untuk belanja subsidi energi bagi masyarakat.

“Di sisi lain, kehati-hatian kita juga harus diperhitungkan karena kalau terjadi peningkatan harga komoditas maka subsidi kita juga akan meningkat. Tentu kita harus mencari balance yang paling pas berapa besar yang harus kita lakukan,” jelasnya.

Kendati demikian, ia masih enggan menyebut besaran maupun waktu dari rencana kenaikan harga BBM Pertalite dan LPG tersebut.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) telah menaikkan harga LPG nonsubsidi dari yang semula Rp13.500 menjadi Rp15.500 per kilogram (kg). Tak hanya LPG, perusahaan migas pelat merah ini juga menaikkan harga Pertamax dari Rp9.000 menjadi paling mahal Rp13 ribu per liter.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.