JAKARTA, HOLOPIS.COM Beberapa delegasi negara-negara Barat berencana melakukan walk-out dalam pertemuan para menteri keuangan G20 yang digelar di Washington D.C, Amerika Serikat (AS) hari ini, Rabu (20/4) saat sesi Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov bicara di dalam forum.

Aksi para Menkeu negara-negara barat tersebut merupakan bentuk protes invasi Rusia ke Ukraina.

“Selama dan setelah pertemuan, kami pasti akan mengirimkan pesan yang kuat, dan kami tidak akan sendirian dalam melakukannya,” ujar pejabat Jerman, dilansir Reuters.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen yang pada awalnya berencana memboikot pertemuan bila delegasi Rusia hadir, kini mengklarifikasi bahwa pihaknya hanya menghindari sesi G20 yang diikuti oleh pejabat Rusia saja.

Namun, pejabat Departemen Keuangan AS mengatakan, Yellen akan menghadiri sesi pembukaan dengan membahas perang di Ukraina yang membuat harga pangan melonjak hebat.

Seperti halnya Yellen, Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak juga tidak akan menghadiri sesi G20 tertentu. Sedangkan Prancis dan beberapa negara lainnya kompak akan meninggalkan kursi mereka ketika pihak Rusia berbicara.