JAKARTA, HOLOPIS.COM – Para pemimpin Amerika Serikat, Inggris dan Kanada berjanji untuk mengirimkan lebih banyak persenjataan artileri ke Ukrain. Kiriman senjata diharapkan dapat membantu Ukraina dalam menghadapi serangan habis-habisan Rusia di bagian Timur negara itu.

“Ini akan menjadi konflik artileri, mereka membutuhkan dukungan dengan lebih banyak artileri, itulah yang akan kami berikan kepada mereka, di samping banyak bentuk dukungan lainnya,” kata PM Inggris Boris Johnson seperti yang dilansir dari CNA, Rabu (20/4).

Biden diperkirakan akan mengumumkan jumlah paket bantuan militer ke Ukraina sekitar 800 juta dolar (sekitar 11 triliun). Jika jumlah yang diumumkan Biden sesuai dengan prediksi, berarti Amerika Serikat telah mengeluarkan dana sebesar (43 triliun rupiah).

“Kami akan terus memberikan mereka amunisi dan bantuan militer,” kata juru bicara Gedung Putin Jen Psaki.

Rusia telah mulai menyarang baigan timur Ukriana setelah menarik beberapa pasukannya dari Kiev.

Sebuah langkah yang disadarai Ukraina sebagai ancaman baru karena Rusia kemungkinan mulai menyerang bagian timur negaranya.

Serangan timur tersebut disebutkan Ukraina sebagai pertarungan Donbas, dan Rusia diduga berusaha mengambil alih dua provinsi sekaligus.