JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pasukan Rusia melancarkan serangan di sisi timur Ukraina. Presiden Ukraina Volodymr Zelenskyy mengatakan pertempuran Donbas saat ini telah dimulai.

“Kita sudah bisa melihat bahwa pasukan Rusia telah memulai serangan di Donbas. Sebuah rencana yang sudah lama mereka persiapkan,” kata Zelenskyy, melansir CNA, Selasa (19/4).

Sementara itu pasukan Ukraina sudah mulai mempersiapkan diri untuk serangan baru dari Rusia sejak Moskow menarik diri dari wilayah Kiev.

Ukraina langsung paham bahwa itu merupakan langkah Rusia untuk mulai fokus ke daerah lain, kali ini adalah wilayah Donbas.

“Mereka (Pasukan Rusia) telah memulai serangan pagi ini. Pada pagi ini juga mereka berusaha memasuki beberapa wilayah timur, Donetsk, Luhansk, dan Kharkiv.

Sementara itu, para analisis militer Rusia menganggap bahwa pertempuran yang berlarut-larut ini akan menimbulkan kerugian yang besar tak hanya untuk Ukraina, tetapi Rusia.

Banyak para ahli mengatakan bahwa Rusia bisa dibilang gagal dalam rencana mereka menguasai Ukraina, karena peperangan yang tak kunjung usai sejak 24 Februari.

Hingga saat ini, Rusia belum berhasil benar-benar mengambil alih wilayah-wilayah besar Urkaina.