KUTAI KARTANEGARA, HOLOPIS.COM Rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur masih terus mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan, kali ini datang dari Ketua DPC Resimen Adat Kalimantan Adil Ktalino (Rakat) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Ibnu Fitri Arindra.

Ia mengatakan bahwa masyarakat Kalimantan Timur, khususnya warga adat Borneo di Kabupaten Kukar siap mengawal progres pembangunan IKN yang telah disepakati antara pemerintah pusat dan DPR RI itu.

“Masyarakat siap berperan aktif dan siap terlibat, SDM (sumber daya manusia) yang ada di Kukar dan PPU siap untuk berkerja dan mengawal pembangunan IKN Nusantara,” kata Ibnu kepada wartawan, Senin (18/4).

Bahkan ia juga merespon positif terkait dengan telah dibentuknya Badan Otorita IKN.

Namun demikian, ia meminta agar proyek pembangunan IKN tersebut tidak malah mengabaikan masyarakat lokal. Ia meminta agar SDM di Kabupaten Kutai Kartanegara maupun Kabupaten Penajam Paser Utara dilibatkan secara aktif.

“Kami tinggal menunggu kinerja team work orang IKN seperti apa, struktur dan deputi-deputinya seperti apa. Karena, tentu harapan kami, agar ada putra-putri daerah Kaltim yang berkualitas dilibatkan dalam struktur dan Deputi Otorita IKN Nusantara, karena masyarakat mau ikut serta dalam pembangunan IKN,” tegasnya.

Ibnu juga menilai, bahwa masalah utama yang akan dihadapi dalam pembangunan IKN ke depan adalah banyaknya sumber daya manusia dari luar Kaltim untuk berkerja di wilayah IKN Nusantara. Baginya, ini akan menjadi problem sosial dan tantangan tersendiri bagi SDM lokal, apalagi jika sejak awal mereka tidak dilibatkan dalam pembangunan IKN.