Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Masyarakat Pesisir Pantai di Kepri Diimbau Waspada Rob

KEPRI, HOLOPIS.COM Masyarakat di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang berada di pesisir pantai, diimbau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk waspada fenomena rob.

Fenomena yang diprediksi BMKG berlangsung hingga Selasa, 19 April 2022, bisa berdampak terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

“Masyarakat harus selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari gelombang tinggi dan pasang maksimum air laut,” kata Vivi, Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Senin (18/4).

Rob terjadi karena, fase bukan purnama yang memicu terjadinya aktivitas pasang air laut. Selain itu, curah hujan tinggi juga jadi pemicu naiknya permukaan air laut.

“Apalagi dilihat dari data normal, puncak hujan memang terjadi di bulan April,” ujar Vivi.

Vivi pun memaparkan wilayah yang terdampak banjir rob, yakni Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam dan sekitarnya. Lalu, pesisir Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan dan sekitarnya. Pesisir Kecamatan Karimun, Kabupaten Tanjung Balai Karimun dan sekitarnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk selalu memantau kondisi cuaca, dengan mengecek laman resmi BMKG.

Rob merupakan banjir di tepi pantai karena permukaan air laut lebih tinggi dari bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru