JAKARTA, HOLOPIS.COM Kaca helm yang berembun saat dipakai bisa menjadi gangguan tersendiri bagi keselamatan pengendara motor. Karena dengan kaca helm yang berembun, pandangan pemotor otomatis berkurang dan bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

Seperti dilansir dari Astra Motor, Minggu (17/4). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kaca helm berembun terutama saat bekendara ditengah hujan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan, agar kaca helm tidak berembun :

1. Gunakan cairan Anti-fog
Cairan anti-fog bisa dimanfaatkan untuk cegah terjadinya embun pada kaca helm, dengan dua tipe penggunaan dengan cara di oles atau dengan cara disemprot.

Sistem cairan ini sama seperti menggunakan sabun, dimana saat menggunakan yang bentuk oles, hanya perlu mengoleskan di sekitar kaca helm.

Sedangkan model yang spray kalian hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke bagian luar kaca helm dan dalam lalu bersihkan dengan lap atau tisu kering. Harga cairan anti-fog ini cukup bervariasi mulai dari 15 ribu hingga 100 ribu.

2. Pastikan sirkulasi udara helm terbuka
Biasanya, helm memiliki sirkulasi udara. Untuk itu, pastikan semua lubang sirkulasi udara dalam helm terbuka agar perbedaan suhu udara di dalam dan di luar tidak terlalu jauh. Kalian juga bisa membuka celah dengan sedikit membuka visor helm. Akan tetapi risiko ini kemungkinan akan ada air hujan yang masuk saat berkendara.

3. Menggunakan kaca Anti-fog
Jika kalian tidak mau repot-repot menggunakan cairan anti-fog, bisa langsung menggunakan kaca anti-fognya. Cara ini dibilang menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi kaca helm berembun, dimana kaca ini bekerja dengan cara menjaga suhu udara pada ruang antar kaca dengan pinlock tetap stabil. Hal ini mengakibatkan embun terjadi hanya di luar area yang tidak tertutup kaca anti-fog.