JAKARTA, HOLOPIS.COMKetua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merespon positif tentang wacana dirinya diduetkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di dalam Pilpres 2024 mendatang.

Ia menganggap bahwa wacana tersebut merupakan bagian dari suara masyarakat yang juga dianggapnya lumrah saja.

“Menurut saya, ini adalah hal-hal yang wajar dan tentunya saya pribadi melihat ini merupakan bagian dari suara rakyat,” kata AHY di Jakarta Pusat, Minggu (17/4).

Pun demikian, anak pertama dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut tak terlalu ambil pusing dengan wacana tersebut. Fokusnya saat ini bagaimana partai yang tahtanya diwariskan dari sang ayah itu mampu menghantarkan para kadernya menjadi pemimpin dan anggota dewan di Pemilu 2024 nanti.

Pun jika memang nanti dirinya menjadi salah satu peserta Pilpres, bagi AHY itu merupakan nilai tambahan yang positif saja.

“Pada pemilu 2024 nanti, kita ingin meyakinkan jika (mesin partai -red) dijalankan dengan baik, tentunya bisa membantu memenangkan Pilpres maupun Pileg,” ujarnya.

Suami Annisa Pohan itu memahami bahwa Partai Demokrat tidak bisa maju sendiri dalam Pilpres 2024 mendatang, hal ini karena terbentur dengan aturan main Pemilu 2024, di mana presidential threshold 20 persen (PT 20) memaksakan partai berlambang mersi itu untuk membangun koalisi.

Untuk itu, dirinya juga tak mau banyak berandai-andai tentang wacana pasangan, termasuk ketika diduetkan dengan rivalnya di Pilkada 2017 yang lalu itu.

“Kalau berandai-andai dengan pasangan A dan B misalnya, sedangkan tiket koalisinya belum mencukupi, rasanya juga tidak bisa berbicara lebih jauh lagi terkait hal seperti itu,” tegas AHY.