JAKARTA, HOLOPIS.COM – Ancaman militer China terhadap Taiwan hanya akan meningkatkan dukungan untuk Taiwan dari Amerika serikat dan negara lainnya.

“Ancaman kekuatan oleh pemerintah totaliter Partai Komunis China terhadap Taiwan hanya akan memperkuat keinginan rakyat Taiwan untuk mempertahankan kebebasan dan demokrasi, dan juga akan menarik dukungan untuk Taiwan yang demokratis dari Amerika Serikat dan bahkan mitra yang lebih demokratis,” demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Taiwan, melansir CNA(16/4).

Kemenlu Taiwan juga mengatakan bahwa mereka akan terus memperdalam kerja sama dengan Amerika Serikat dan negara-negara lain yang berpikiran sama untuk mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Meskipun Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, namun AS adalah pemasok senjata dan pendukung internasional terpenting pulau itu.

Sementara itu, dukungan Amerika Serikat terhadap Taiwan telah menambah ketegangan hubungan China-AS.

Sementara Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, itu adalah pemasok senjata dan pendukung internasional terpenting pulau itu. Itu telah menambah ketegangan dalam hubungan China-AS.

Pemerintah Taiwan mengatakan hanya 23 juta penduduk pulau itu yang berhak memutuskan masa depan mereka.