JAKARTA, HOLOPIS.COMKetua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso menilai, bahwa persoalan wacana penundaan pemilu 2024 serta perpanjangan masa jabatan Presiden sudah direspon baik oleh Presiden Jokowi.

Salah satunya adalah dengan menyatakan bahwa Pemilu 2024 tetap dilaksanakan sesuai kesepakatan jadwal antara KPU Bawaslu, Komisi II DPR RI dan Menteri Dalam Negeri.

“Presiden Joko Widodo sendiri telah menyatakan tidak ada penundaan pemilu 2024 dan tidak ada perpanjangan masa jabatan presiden,” kata Sugeng dalam keterangannya yang diterima Holopis, Minggu (10/4) malam.

Apalagi dalam keterangannya pula, Presiden sudah meminta kepada seluruh menterinya agar tidak lagi membuat polemik yang justru mengganggu kinerja pemerintah saat ini.

“Presiden telah melarang menterinya untuk bicara soal penundaan dan tiga periode jabatan,” ujarnya.

Dengan demikian, satu isu yang menjadi agenda salah satu kelompok organisasi Mahasiswa tersebut sudah gugur, yakni tolak penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode.

Bahkan kata Sugeng, aksi yang dilakukan mahasiswa seluruh Indonesia tersebut rentan sekali disusupi oleh kelompok yang merusak aksi tertib itu, baik di Patung Arjuna Wiwaha maupun yang di DPR RI.

“Oleh karenanya, IPW mengingatkan, penyampaian pendapat di muka umum terkait hak konstitusional mahasiswa tersebut, tidak boleh juga mengganggu hak orang lain dan ketertiban umum,” tuturnya.