BerandaNewsPolhukamSDR Anggap Demo Mahasiswa Salah Alamat soal Presiden 3 Periode

SDR Anggap Demo Mahasiswa Salah Alamat soal Presiden 3 Periode

JAKARTA, HOLOPIS.COMDirektur eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto, bahwa wacana 3 periode Presiden maupun penundaan pemilu seharusnya sudah selesai pasca Joko Widodo menyatakan sikapnya.

Namun ia mengaku heran ketika wacana yang sudah diklarifikasi oleh Presiden tetap dijadikan agenda para Mahasiswa khususnya Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) untuk aksi unjuk rasa di Istana Jakarta pada hari Senin 11 April 2022.

Jika memang agendanya adalah menentang wacana jabatan Presiden 3 periode, seharusnya konsentrasi aksinya ada di DPR RI sebagai pembuat regulasi.

“Dari isu, tuntutan dan tempat yang didemo oleh mahasiswa saja sudah salah tempat, semestinya yang didemo adalah gedung DPR,” kata Hari kepada wartawan, Minggu (10/4).

Penerbit Iklan Google Adsense

Dengan memaksakan konsentrasi aksi ada di Istana Negara dengan isu tolak jabatan presiden 3 periode, aktivis 98 ini menduga kuat ada agenda kelompok tertentu yang mencoba menunggangi gerakan mahasiswa itu.

Sehingga menurutnya, wajar saja banyak kalangan justru malah antipati pada gerakan BEM SI itu.

“Jadi aneh mahasiswa mengusung isu, tuntutan dan tempat aksi yang dilakukan sehingga sangat terlihat kalau aksi mahasiswa 11 April 2022 ditunggangi oleh sekelompok elit yang memiliki kepentingan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hari Purwanto menyarankan agar Mahasiswa melakukan konsolidasi untuk menentukan teknis lapangan (teklap) agar isu mereka tidak bias dan lebih tepat sasaran.

Apalagi, menjelang 11 April, muncul berbagai narasi yang justeru bukan bagian dari agenda mahasiswa, salah satunya adalah desakan Joko Widodo mundur dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Simpul-simpul kampus mahasiswa baiknya berkumpul lagi untuk menentukan titik aksi 11 April 2022 agar isu, tuntutan dan titik aksi sesuai,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hari sangat mengapresiasi gerakan dan daya kritis Mahasiswa terhadap isu-isu kekinian, apalagi yang berkaitan dengan nasib dan kepentingan masyarakat.

Namun ia yang juga pernah menjadi aktivis dan Mahasiswa berharap agar semangat juang para juniornya saat ini tidak rusak karena disusupi kelompok elitis dan politis tertentu.

“Jangan sampai mahasiswa malah dicemooh oleh masyarakat yang dulunya juga pernah menjadi mahasiswa dan terlibat dalam aksi. Ketika aksi mahasiswa yang disuarakan saat ini tidak sesuai dengan isu, tuntutan dan titik aksi,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

JMSI Desak Kapolri Tuntaskan Kasus Pembakaran Rico Sempurna Usai Liput Judi di Karo

Dalam kasus itu, Teguh meminta kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan atensi untuk mengusut dan mengungkap kasus terbakarnya rumah Rico demi keadilan dan juga wujud integritas Polri sebagai pengayom komunitas pers di Tanah Air.

Mabes Polri Turun Gunung Tangani Kasus Afif Maulana

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, menegaskan bahwa penanganan kasus kematian siswa SMP Afif Maulana di Kuranji, Padang, Sumatera Barat, dilakukan dengan profesional dan transparan.

Alex Pesimis KPK Bisa Berantas Korupsi

Komisioner KPK, Alexander Marwata menyatakan bahwa pihaknya tidak yakin akan mampu melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia.

Jokowi Ingatkan Polri Junjung Tinggi Nilai Tribrata

Dalam momentum itu, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa masyarakat sangat mengawasi kinerja Kepolisian. Sebab, mereka yang lebih dekat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kapolri Harap HUT 78 Jadi Semangat Insan Bhayangkara Makin Tegas, Humanis dan Merakyat

Semoga perayaan HUT Bhayangkara ke-78 semakin merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa demi meraih Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama.

Noel Bela Budi Arie soal Peretasan PDSN

Ketua Prabowo Mania 08 tersebut mengatakan, bahwa jika dilihat secara dekat, sebenarnya ada sedikitnya dua pihak lain yang bertanggung jawab terhadap terjadinya peretasan tersebut.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS