JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, ingin mencontek tata kelola area penggemar (fans zone) seperti yang dilakukan pada balap Formula 1 (F1) GP Australia 2022 di Albert Park Grand Prix Circuit, Melbourne, Australia.

Sandiaga mengatakan, fans zone atau area bertemunya pembalap dengan penonton bisa diaplikasikan saat gelaran MotoGP di di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami sedang melihat fans zone yang akan mengubah perhelatan,” kata Menparekraf (9/4).

Saat menonton balap F1, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan ia melihat perpaduan brand otomotif besar dengan area penggemar di lokasi balap F1 Melbourne.

Ia juga menceritakan, dalam fans zone ada merek – merek sponsor F1 Melbourne termasuk kehadiran mobil listrik yang ramah lingkungan.

“Dibuat flow-nya berubah menjadi lebih luas, ada merek besar dan panggung di sini bisa terkelola dengan baik. Apalagi ini terhubung dengan shuttle (commuter) dan tempat parkir,” ucap dia.

Fans zone ini juga bisa dimanfaatkandimanfaatkan jika di aplikasikan di sirkuit Mandalika, untuk ruang displai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Jadi ini pelajaran yang bisa kita dapat dari penyelenggaraan F1 dengan total ada 120 ribu penonton per hari. Sedangkan kita di MotoGP Mandalika ada 60 ribu penonton,” ungkapnya.

“Pengelolaan yang penting dari segi traffic dan manajemen kios-kios dan UMKM untuk pembukaan lapangan pekerjaan. Kalau kita lihat pengaturan di F1 ini sangat baik dengan didukung publik transportasi,” sambung Menparekraf.