BerandaOtoteknoTeknoBos Drone Emprit Pastikan Isu Turunkan Jokowi Bukan Agenda Mahasiswa

Bos Drone Emprit Pastikan Isu Turunkan Jokowi Bukan Agenda Mahasiswa

Kemudian dari sisi most retweeted, ditemukan unggahan dari akun @PecanduKretek. Akun tersebut menduduki peringkat ke atas Most Retweeted dengan unggahan berupa gambar.

“Dari contoh beberapa top retweeted ini bisa dibaca narasi yang dilengkapi dengan gambar dan video sehingga lebih mudah viral, dengan tagar #GoodByeJokowi, #JokowiTurun, #Revolusi,” ujar Ismail.

Lebih lanjut, ismail mengatakan, bahwa para aktor-aktor seperti rakyat, mahasiswa, dan (anak) STM cukup besar volumenya yang menulis cuitan dengan menyematkan tagar seperti #GoodByeJokowi, #turunkanjokowi, #revolusi, #RakyatBersamaMahasiswa.

“Percakapan topik ini tampak jelas dibangun oleh hanya satu klaster. Sentimen negatif (merah) terhadap Jokowi diperlihatkan melalui ekspresi tagar yang digunakan

Penerbit Iklan Google Adsense

Adapun top influencers dari tagar tersebut adalah @cybsquad_, dengan total retweet sebanyak 7.257 engagement dan retweet. Disusul oleh @PecanduKretek dengan 3.607 engagement.

Menurutnya, tingginya angka engagement tersebut biasanya mendapat engagement yang lebih tinggi dibanding yang hanya teks saja.

Dalam percakapan ini banyak gambar dibuat dengan narasi turunkan Jokowi, tunggu Komando, Reformasi Jilid II,dll.

Berdasarkan hasil temuannya, Ismail mengatakan bahwa kebanyakan akun yang mengunggah narasi Turunkan Jokowi di Twitter tersebut mendapat skor bot lebih dari 1. Padahal skor normal berada di kisaran 0 sampai 1.

“Artinya ada indikasi sebagian postingan tidak natural,” terangnya.

Dengan demikian, Ismail pun menyimpulkan hasil daripada penelitian sosmed yang dilakukannya mendapati fakta sebagai berikut ;

Bahwa menjelang demo 11 April 2022 yang akan dilakukan mahasiswa, di media sosial berkembang narasi “Jokowi Turun” dengan tagar #TurunkanJokowi dan #GoodbyeJokowi, seolah-oleh itu adalah tuntutan mahasiswa. Padahal itu murni narasi kelompok oposisi, bukan Mahasiswa apalagi BEM SI.

“Diduga tuntutan di atas adalah dari penunggang demo mahasiswa,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Waspada Keamanan Data di Era Digital

Data pribadi merupakan informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu secara spesifik, seperti nama, alamat, nomor telepon, data finansial, dan informasi pribadi lainnya. Dalam konteks digital, data ini sering kali disimpan dan diproses secara elektronik.

Roy Suryo Yakin Peretasan Pusat Data Nasional Akibat Orang Dalam

Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen Roy Suryo meyakini betul bahwa ujung tombak dari masalah peretasan dan serangan ransomware oleh brain cipher adalah akibat orang dalam.

Event Promo Diamond Bakal Datang Kembali, Catat Tanggalnya!

Kabar gembira untuk para penggemar game Mobile Legends (ML), kini event promo diamond akan segera hadir pada 5 Juli 2024 mendatang di original server.

Besok, Hacker PDNS Bakal Berikan Kunci Ransomware Gratis!

Gang hacker yang menamakan diri mereka sebagai Brain Chiper, dikabarkan bakal memberikan kunci ransomware yang menyerang PDNS (Pusat Data Nasional Sementara) Indonesia.

Kominfo Kena Retas, Hacker Klaim Bobol NIK Hingga Nomor Rekening 

Sebuah kabar mengejutkan, disampaikan akun media sosial X @FalconFeedsio. Dalam postingannya disampaikan adanla pembobolan data di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

AWARE ID Nilai Biaya, Standar Keamanan Siber Dan Regulasi Jadi Penyebab Serangan ke PDNS Kominfo

Founder Indonesian Asymmetric Warfare (AWARE ID) Seweit Hotroiman mengatakan bahwa persoalan keamanan data tidak boleh dipandang satu aspek saja. Sebab, semua komponen harus bersinergi dan saling melengkapi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS