BerandaOtoteknoTeknoBos Drone Emprit Pastikan Isu Turunkan Jokowi Bukan Agenda Mahasiswa

Bos Drone Emprit Pastikan Isu Turunkan Jokowi Bukan Agenda Mahasiswa

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pengamat Media Sosial, Ismail Fahmi melihat sesuatu yang janggal terkait narasi ‘Jokowi Turun’ dengan tagar (hashtag) #TurunkanJokowi dan #GoodByeJokowi yang saat ini tengah ramai di media sosial, khususnya Twitter.

Ia mengatakan, narasi muncul menjelang aksi 11 April tersebut seolah-olah adalah tuntutan mahasiswa. Padahal, kata dia, kelompok Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) tidak menuntut Presiden Jokowi untuk turun dari jabatannya.

“BEM SI menyatakan akan demo tanggal 11 April 2022, dengan 6 tuntutan: tolak penundaan pemilu, kaji ulang UU IKN, stabilkan harga, usut mafia minyak goreng, selesaikan konflik agraria, dan tuntaskan janji2 kampanye. Tidak ada ‘Tuntut Jokowi turun’,” ujar Ismail dalam cuitannya di akun pribadinya @ismailfahmi, Sabtu (9/4).

Karena penasaran siapa dalang di balik tuntutan tersebut, ia pun melakukan sebuah penelitian dengan menggunakan keyword #TurunkanJokowi dan #GoodByeJokowi.

Penerbit Iklan Google Adsense

Adapun data yang digunakan berasal dari unggahan netizen di Twitter dalam periode 1 (satu) minggu atau 7 hari terakhir.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditemukan setidaknya 24,7 ribu percakapan di Twitter yang mengandung keyword tersebut.

Ia menjelaskan, bahwa tagar #turunkanjokowi sudah mulai digaungkan sejak 4 April 2022.

“Lalu naik pesat hingga 12 ribu mention pada 7 April dengan #GoodByeJokowi, lalu tren turun meski masih ribuan per hari,” jelasnya.

Ismail Fahmi yang juga direktur PT. Media Kernels Indonesia (Drone Emprit) itu mengatakan, bahwa hal serupa juga pernah terjadi pada saat aksi mahasiswa tolak RUU KUHP beberapa tahun lalu. Di mana saat itu tagar #TurunkanJokowi menjadi viral setelah dilontarkan oleh kalangan netizen oposisi.

Namun pada kesempatan kali ini yang diangkat adalah tagar #GoodbyeJokowi. Kendati demikian, tagar #TurunkanJokowi masih ada walaupun jumlahnya hanya sedikit.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Itel Vista Tab 30, Tablet Dibawah Rp 2 Juta yang Cocok Buat Anak Sekolah

Tablet Itel Vista Tab 30 resmi diluncurkan, dengan spesifikasi yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya untuk urusan belajar dan hiburan digital.

Seweit Hotroiman Sebut Kendala Keamanan Akibat IT Kurang Kompaknya ISM dan IR

Praktisi keamanan siber, Seweit Hotroiman mengatakan bahwa persoalan krusial dalam pengamanan teknologi informasi adalah ketidaksinkronan antara dua entitas penting, yakni pihak manajemen keamanan informasi (information security management) dan incident response (IR).

Trailer VR Anime Mobile Suit Gundam Silver Phantom Rilis, Pamerkan Lagu Tema Shoko Nakagawa

Kanal YouTube resmi untuk Mobile Suit Gundam menayangkan video trailer terbarunya yang mengungkap lagu tema Shōko Nakagawa "Across the World".

Syam Basrijal Sebut Indonesia Sedang Diterpa Krisis Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa peretasan dan serangan siber yang dialami Pusat Data Nasional Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (PDNS Kominfo) dengan Ransomware merupakan bentuk dari indikasi terjadinya krisis keamanan data di Indonesia.

Siap-Siap Update Terbaru Mobile Legend, Kemunculan Lord di 3 Lane!

MOONTON Games yang memproduksi game Mobile Legend Bang Bang (MLBB), nantinya akan melakukan update terbaru pada game tersebut. Di mana akan memunculkan Lord di 3 Lane berbeda, setelah tim kalian berhasil mengeliminasi Lord.

Item Baru Ini Gak Ngotak di Season Saat Ini! Simak Penjelasannya

Berbagai item yang ada di Mobile Legends sendiri memiliki beragam fungsi, mulai dari item untuk Tank, Fighter, Support, Mage, Marksman, dan Assassin. Setiap fungsi item-item ini mempunyai tujuan dan fungsinya masing-masing, misal untuk meng-counter hero lawan ataupun untuk bertahan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS